Jasa Pembuatan Web Sekolah/umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.3000.000-5000.000

Jasa Pembuatan Blog Pembelajaran/Umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.500.000-600.000

Perbaikan dan Instalasi PC/Laptop Klik Untuk Rincian Harga

Harga Instalasi Rp.95.000 Win+Ofice. Perbaikan Rp.65.000

Friday, 25 July 2014

Kamus Sosiologi Materi Kelas X Bab 3. Interaksi Sosial [KTSP]

Tindakan Sosial Tindakan seseorang yang diarahkan pada orang lain dengan maksud memperoleh respon balik dari orang tersebut.
 
Tindakan Rasional Instrumental Tindakan sosial yang dilakukan seseorang dengan memperhitungkan kesesuaian diantara cara yang digunakan dan tujuan yang akan dicapai.

Tindakan Sosial Berorientasi Nilai Orang melakukan tindakan sebab hal itu dinilai baik dan benar oleh masyarakat. Tujuan tindakan tidak terlalu diperhitungkan.

Tindakan Sosial Tradisional Dilakukan tanpa perhitungan yang matang, melainkan lebih karena kebiasaan yang berlaku selama ini dalam masyarakat.

Tindakan Afektif Tindakan afektif tergolong tindakan irasional sebab sebagian besar tindakan didorong oleh perasaan (afeksi) ataupun emosi tanpa perhitungan matang. 

Interaksi Sosial Hubungan timbal balik yang dinamis antara individu dan individu, antara individu dengan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok baik dalam bentuk kerjasama, persaingan ataupun pertikaian. 

Kontak Sosial Gejala sosial dimana orang dapat mengadakan hubungan dengan pihak lain tanpa mengadakan sentuhan fisik, misalnya berbicara dengan orang lain melalui telepon, surat dan lain sebagainya. Jadi, kontak sosial merupakan aksi individu atau kelompok dalam bentuk isyarat yang memiliki makna bagi si pelaku dan si penerima, dan si penerima membalas aksi itu dengan reaksi. 

Kontak Primer Kontak yang terjadi pada saat awal kejadian kontak berlangsung. Kontak primer sama pengertiannya dengan kontak langsung yaitu kontak yang terjadi ketika seseorang berhubungan langsung atau bertatap muka.

Kontak Sekunder Kontak yang terjadi secara tidak langsung antara komunikator dan komunikan. Kontak ini berlangsung dengan menggunakan media pelantara atau pihak lain.

Komunikasi (communication) Dua orang atau lebih yang saling melakukan pertukaran pesan. Komunikasi terjadi setelah kontak sosial berlangsung. Pada umumnya komunikasi mengacu pada proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun melalui alat bantu agar orang lain memberikan tanggapan atau respon tertentu. Dalam proses ini diperlukan suatu pemahaman makna atas suatu pesan. Oleh karenanya, muncul komunikasi positif dan negatif. Dalam komunikasi orang yang menyampaikan pesan disebut komunikator, sedangkan orang yang menerima pesan disebut komunikan.

Komunikan Penerima pesan

Komunikator Pemberi pesan;orang yang menyampaikan pesan

Pesan (message) Isi atau informasi yang disampaikan pengirim (komunikator) kepada penerima (komunikan).

Imitasi Tindakan peniruan secara berlebihan.

Sugesti Pengaruh-pengaruh yang diberikan oleh seseorang atau sekelompok orang kepada kepada seseorang atau sekelompok orang lainnya sehingga orang yang mendapatkan sugesti akan menuruti apa yang menjadi keinginan dari si pemberi sugesti tanpa pertimbangan-pertimbangan yang bersifat rasional.

Identifikasi Proses untuk menjadi sama (identik) dengan orang lain.

Simpati Perasaan tertarik yang timbul dalam diri seseorang dan membuatnya merasa seolah-olah berada dalam keadaan orang lain.

Empati Simpati mendalam yang dapat mempengaruhi fisik dan kejiwaan seseorang.

Keteraturan Sosial Suatu keadaan dimana hubungan-hubungan sosial yang berlangsung diantara anggota masyarakat berlangsung selaras, serasi dan harmonis sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat.

Tertib Sosial (social order) Kondisi kehidupan masyarakat yang aman, dinamis, dan teratur yang ditandai dengan setiap individu bertindak sesuai hak dan kewajibannya.

Order Suatu sistem nilai dan sistem norma yang diakui dan dipatuhi oleh warga masyarakat secara konsisten.

Keajegan Keteraturan sosial yang tetap dan relatif tidak berubah sebagai hasil hubungan selaras antara tindakan, norma dan nilai dalam interaksi sosial. Keajegan dapat dikatakan sebagai kebiasaan yang sudah terlembagakan.

Pola Corak hubungan yang tetap atau ajeg dalam interaksi sosial dan dijadikan model bagi semua anggota masyarakat atau kelompok.

Asosiatif Pola hubungan yang menunjukan kerja sama; proses sosial yang didalamnya ada usaha untuk menyatukan dan meningkatkan solidaritas diantara anggota kelompok, dimana bentuknya antara lain kerja sama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi.

Kerjasama (cooperation) Jaringan interaksi antara orang perorangan atau kelompok yang berusaha bersama untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama berawal dari kesamaan orientasi dan kesadaran dari setiap anggota masyarakat.

Akomodasi (Accomodation) Suatu proses penyesuaian diri dari orang perorangan atau kelompok-kelompok manusia yang semula saling bertentangan sebagai upaya untuk mengatasi ketegangan-ketegangan. Tujuan dari akomodasi adalah terciptanya keseimbangan interaksi sosial dalam kaitannya

0 komentar

Post a Comment