Jasa Pembuatan Web Sekolah/umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.3000.000-5000.000

Jasa Pembuatan Blog Pembelajaran/Umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.500.000-600.000

Perbaikan dan Instalasi PC/Laptop Klik Untuk Rincian Harga

Harga Instalasi Rp.95.000 Win+Ofice. Perbaikan Rp.65.000

Thursday, 5 November 2015

Kamus Sosiologi Materi Kelas X Bab 4. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian [KTSP]

Agen sosialisasi:Kelompok atau individu yang merupakan media sosialisasi dalam membentuk kepribadian seseorang.

Extended family (keluarga luas):Ikatan keluarga dalam satu keturunan yang terdiri atas kakek, nenek, ipar, paman, anak, cucu, dan lain sebagainya.

Game stage (tahap siap bertindak):Tahap dimana seorang anak mengetahui peran yang harus dijalankannya serta mengetahui peran yang harus dijalankan oleh orang lain yang berinteraksi dengannya.

Generalized others/generalized stage (tahap penerimaan norma kolektif):Tahap dimana seseorang telah dianggap dewasa dan sudah dapat menempatkan dirinya dalam posisi masyarakat secara luas. Dalam tahap ini, individu dinilai sudah mencapai tahap kematangan untuk siap terjun dalam kehidupan masyarakat.

Kebudayaan (culture):Keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya.

Kepribadian (personality):Ciri-ciri dan sifat khas yang mewakili sikap atau tabiat seseorang yang mencakup pola-pola pemikiran dan perasaan, konsep diri, perangai, mentalitas, yang umumnya sejalan dengan kebiasaan umum. Unsur-unsur kepribadian terdiri atas pengetahuan, perasaan, dan dorongan naluri.

Looking-glass self:Cara pandang terhadap diri sendiri yang dibentuk oleh seseorang dengan cara menginterpretasikan reaksi orang lain terhadap dirinya.

Play stage (tahap meniru):Tahap dimana anak mulai belajar mengambil peran orang yang berada disekitarnya. Ia mulai menirukan peran yang dijalankan orang tuanya atau peran orang dewasa lain yang sering berinteraksi dengannya.

Primary socialization (sosialisasi primer):Proses sosialisasi yang pertama dan utama yang terjadi pada seseorang, sejak dilahirkan, berkenalan, dan sekaligus belajar bermasyarakat sehingga dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan.

Secondary socialization (sosialisasi sekunder):Proses penanaman nilai dan norma pada tahap berikutnya yang memperkenalkan pada anak hal-hal di luar dari lingkungan keluarganya.

Sepermainan (peer group):Kelompok sosial yang terdiri dari orang, biasanya informal, yang memiliki status yang sama atau setara dan yang biasanya sekitar usia yang sama, cenderung untuk perjalanan sekitar dan berinteraksi dalam agregat sosial. Anggota dari peer group tertentu sering memiliki kepentingan yang sama dan latarbelakang, terikat oleh premis kesamaan.

Significant others:Orang-orang penting yang berpengaruh atau penting dalam proses sosialisasi seseorang, khususnya keluarga.

Sosialisasi:Suatu proses sosial yang mana seseorang belajar menghayati dan melaksanakan sistem nilai dan sistem norma yang berlaku di tengah-tengah masyarakat dimana ia berada.
 

Sosialisasi partisipatoris:Pola sosialisasi yang memposisikan individu sebagai pusat sosialisasi, dan menganggap penting kebutuhan individu.
 

Sosialisasi represif:Pola sosialisasi yang menekankan pada penggunaan hukuman terhadap kesalahan.


0 komentar

Post a Comment