Jasa Pembuatan Web Sekolah/umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.3000.000-5000.000

Jasa Pembuatan Blog Pembelajaran/Umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.500.000-600.000

Perbaikan dan Instalasi PC/Laptop Klik Untuk Rincian Harga

Harga Instalasi Rp.95.000 Win+Ofice. Perbaikan Rp.65.000

Friday, 6 November 2015

Kamus Sosiologi Materi Kelas XI Bab 1. Struktur Sosial [KTSP]

Achieved status:Kedudukn yang dicapai seseorang dengan usaha sendiri atau diperoleh karena suatu prestasi tertentu.

Amalgamasi:Perkawinan campuran. Pembauran biologis antara dua atau lebih ras manusia yang berbeda ciri-ciri fisiknya sehingga mereka menjadi satu rumpun.

Apartheid:Sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan dari sekitar awal abad ke-20 hingga tahun 1990.

Ascribed status:Status atau kedudukan sosial yang didapat secara otomatis tanpa usaha.

Assigned status:Kombinasi dari perolehan status melalui usaha dan status yang diperoleh secara otomatis.

Borjuis (majikan):Lapisan pemilik atau penguasa alat-alat atau sarana produksi dalam masyarakat kapitalis.

Consolidated social struktur (konsolidasi):Peneguhan atau penguasaan sikap individu atas keanggotaan yang tumpang tindih dalam berbagai kelompok sosial ke dalam wadah yang memiliki unsur-unsur kesamaan.

Deutro Melayu (melayu muda):Sebutan yang dipakai untuk menunjuk populasi yang diperkirakan datang pada “gelombang kedua” setelah “gelombang pertama” Proto Melayu.

Diferensiasi sosial:Pengelompokan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara horizontal, seperti ras, etnis atau suku bangsa, klan, agama, profesi, dan jenis kelamin.

Fenotip kuantitatif:Ciri fenotipe=Ciri-ciri yang tampak. Kuantitatif=antara lain tinggi badan, gerak badan, dan ukuran bentuk kepala.

Genealogis:Kajian tentang keluarga dan penelusuran jalur keturunan serta sejarahnya.

Intersected social struktur (Interseksi):Persilangan atau pertemuan keanggotaan dari dua suku bangsa atau dua kelompok sosial yang berbeda.

Klan:Kelompok suatu kategori keturunan unilinieal yang anggota-anggotanya menghubungkan keturunannya secara patrilineal atau matrilineal dengan seorang leluhur pertama.

Konflik peran:Suatu keadaan dalam diri seorang individu yang tidak dapat melaksanakan tugas sesuai dengan peranan yang disandangnya.

Konflik status:Pertentangan antara dua status yang saling berbeda dalam diri seseorang, yang disebabkan adanya kepentingan dari status-status yang saling bertentangan.

Life style (gaya hidup):Pola tingkah laku dan budaya/kebiasaan yang membedakan setiap orang.

Lower class (kelas sosial bawah):Kelompok orang miskin yang masih belum dapat memenuhi kebutuhan primer.

Matrilinieal:Prinsip keturunan dari leluhur wanita melalui anak wanita, cucu wanita, dan sebagainya.

Middle class (kelas sosial menengah):Kelompok orang berkecukupan yang sudah dapat memenuhi kebutuhan pokok (primer).

Negrito:Subras Negroid yang meliputi orang-orang yang tinggal di Afrika Tengah, orang-orang semang di Semenanjung Malaya dan penduduk asli Filipina.

Neo Melanesoid:Ras yang tersebar di kawasan Indonesia Timur seperti Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

Patrilineal:Sistem kemasyarakatan berdasarkan garis keturunan dari Ayah.

Peran sosial:Pelaksanaan hak dan kewajiban seseorang sesuai dengan kedudukannya di masyarakat.

Plural society (masyarakat majemuk):Suatu masyarakat yang menganut sistem nilai yang berbeda di antara berbagai kesatuan sosial yang menjadi anggotanya sehingga para anggota masyarakat tersebut kurang memiliki loyalitas terhadap masyarakat secara keseluruhan, kurang memiliki homogenitas budaya atau bahkan kurang memiliki dasar-dasar untuk memahami satu sama lain.

Proletar (buruh):Kaum atau kelas sosial yang terdiri dari orang-orang miskin yang tidak memiliki modal dan alat-alat produksi, serta cenderung ditindas oleh kaum borjuis.

Proto Melayu (melayu tua):Nama yang diberikan kepada “gelombang pertama” dari dua gelombang migrasi yang dulu diperkirakan terjadi dalam pendudukan Nusantara oleh penutur bahasa Austronesia.

Ras:Pengelompokan manusia berdasarkan warna kulit dan fisik tubuh tertentu yang diturunkan secara turun-temurun.

Ras Kaukasoid:Ras yang diduga berasal dari pegunungan Kaukasus di Eropa. Kaukasoid menurunkan bangsa-bangsa di Eropa.

Ras Mongoloid:Ras yang berasal dari daerah Mongol. Mongolid menurunkan bangsa bangsa Asia.

Ras Negroid:Penduduk asli wilayah Afrika dan sebagian wilayah Asia.

Simbol status (status symbol):Penggunaan simbol-simbol untuk menunjukkan kedudukan seseorang di dalam masyarakat.

Status sosial:Posisi seseorang dalam struktur hierarki, posisi seseorang secara umum dalam masyarakat sehubungan dengan orang lain.

Stratifikasi sosial (pelapisan sosial):Penggolongan atau pengelompokan secara vertikal atau berdasarkan derajat tertentu.

Stratifikasi sosial campuran:Sistem stratifikasi yang membatasi kemungkinan berpindah strata pada bidang tertentu, tetapi membiarkan untuk melakukan perpindahan lapisan pada bidang lain.

Stratifikasi sosial terbuka (open social stratification):Suatu sistem stratifikasi dalam masyarakat dimana setiap anggota masyarakat dapat secara bebas berusaha memperbaiki dan meningkatkan stratanya.

Stratifikasi sosial tertutup:Suatu sistem stratifikasi sosial dalam masyarakat, dimana lapisan-lapisan yang ada lebih bersifat tetap dan tidak terjadi perubahan-perubahan secara vertikal.

Struktur sosial:Struktur status dan peran dalam suatu masyarakat yang bersifat abstrak, yang di dalamnya terdapat struktur secara vertikal maupun struktur secara horizontal.

Suku Bangsa (Etnis):Kelompok sosial yang terdiri dari orang-orang yang menganggap mereka berasal dari keturunan atau nenek moyang yang sama, meskipun garis keturunannya sudah tidak jelas.

Tradisi:Adat kebiasaan yang turun temurun dari nenek moyang yang masih ada di dalam masyarakat.

Upper class (kelas sosial atas):Kelompok orang yang memiliki kekayaan banyak, yang dapat memenuhi segala kebutuhan hidup bahkan secara berlebihan.

Vedroid:Suatu ras khusus yang berada di Sulawesi


0 komentar

Post a Comment