Jasa Pembuatan Web Sekolah/umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.3000.000-5000.000

Jasa Pembuatan Blog Pembelajaran/Umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.500.000-600.000

Perbaikan dan Instalasi PC/Laptop Klik Untuk Rincian Harga

Harga Instalasi Rp.95.000 Win+Ofice. Perbaikan Rp.65.000

Monday, 16 May 2016

Kamus Sosiologi, Cac-, Can-, Car-, Cas-, Cat-, Cau-

Cac-
Caca burane (Sunda): Lagu Permainan Sunda yang tujuannya sama untuk menebak suatu benda seperti Pacublak-Cublak Uang dan Tungtung Kalintungan. Caranya yang sama hanya lagunya yang berbeda, anak-anak berkumpul dan salah seorang anak yang membungkuk yang akan menebak barang atau benda yang dipegang anak yang lainnya. Anak-anak yang lain menyimpan tangannya sambil dikepalkan, salah seorang anak memegang benda yang akan ditebak. Ketika bernyanyi, anak yang membungkuk bangun dan menebak benda tadi, jika tebakannya benar ada di salah seorang anak misalnya nama anak yang memegang benda itu Dani, maka giliran Dani lah yang mendapat giliran harus membungkuk untuk menebak benda itu lagi.

Can-
Candu (opium): Jenis narkotika yang berasal dari tumbuh-tumbuhan papaver somi ferum yang termasuk golongan semak tingginya 70-110 cm. Bunganya berwarna merah, ungu, dan putih. Buahnya berbentuk seperti pemukul gong, di sinilah disadap getahnya sebagai penghasil candu. Negara penghasil: Rusia Selatan, India, Meksiko, Iran, Cina, Turki, dan Afrika Selatan.

Canggah: Generasi keempat dalam sistem kekerabatan vertikal Jawa.

Cangkriman: Tebak-tebakan bahasa Jawa yang mirip dengan permainan teka-teki. Cangkriman digunakan untuk mendidik anak-anak agar mempunyai pola berpikir yang kritis. Biasanya cangkriman digunakan orang tua untuk bercanda dengan anaknya di sela-sela waktu senggang atau waktu istirahat.

Car-
Cara (usage): Norma yang menunjuk pada suatu bentuk perbuatan. Suatu penyimpangan terhadap cara tidak akan mengakibatkan hukuman yang berat, tetapi hanya celaan. Misalnya, orang mempunyai cara minum dan makan masing-masing pada waktu bertemu. Ada yang minum dan makan tidak mengeluarkan bunyi dan ada pula yang mengeluarkan bunyi sebagai pertanda rasa kepuasannya. Cara yang terakhir biasanya dianggap tidak sopan, kalau cara tersebut dilakukan juga maka orang akan merasa tersinggung dan mencela cara minum tersebut.

Cara sederhana: Cara penarikan sampel dengan memberi nomor setiap anggota populasi dan anggota sampel dipilih dengan memakai nomor random.

Cara sistematis: Sampel yang ditarik dengan memasukkan anggota populasi terlebih dahulu di dalam suatu daftar atau bentuk deretan lain. Setelah menentukan dari mana memulai, anggota sampel dipilih dengan memakai interval tertentu.

Cargo cut: Misi suci yang didasarkan pada emosi keagamaan untuk membangkitkan kejayaan masa lampau (nenek moyang). Gerakan ini adalah embrio dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan lambang bintang kejoranya, dan sekarang ini perlawanan itu tetap ada dan menimbulkan korban jiwa.

Carik (Jawa): Pembantu lurah yang bertugas sebagai pembantu umum dan penulis desa.

Carok: Tradisi bertarung yang disebabkan karena alasan tertentu yang berhubungan dengan harga diri kemudian diikuti antar kelompok atau antar klan dengan menggunakan senjata (biasanya celurit). Tidak ada peraturan resmi dalam pertarungan ini karena carok merupakan tindakan yang dianggap negatif dan kriminal serta melanggar hukum. Ini merupakan cara suku Madura dalam mempertahankan harga diri dan “keluar” dari masalah yang pelik.

Carry-over effects: Bentuk penyimpangan yang muncul karena observers dalam memberikan pencatatan terhadap gejala yang muncul terpengaruh oleh pencatatan terhadap gejala yang muncul sebelumnya.

Cas-
Case study method: Lihat metode case study.

Castroisme: Varian komunisme hasil pemikiran pemimpin Kuba, Fidel Castro. Castroisme dipengaruhi oleh banyak filosof dan politisi, terutama Jose Marti, dan setelah 1961 mendapat pengaruh dari pemikiran Karl Marx, Friedrich Engels, dan Vladimir Lenin. Castroisme terutama berfokus pada praktik dan teori di balik Revolusi Kuba yang mempromosikan nasionalisme, solidaritas negara-negara di Amerika Latin, keadilan sosial, dan demokrasi.

Casual crowds: kerumunan yang bersifat sementara.

Cat-
Catatan anekdot (anecdotal record): Catatan-catatan yang dibuat oleh observers selama pengamatan berlangsung mengenai kelakuan-kelakuan yang dianggap luar biasa. Catatan tersebut dibuat secepat-cepatnya setelah terjadi peristiwa yang dianggap istimewa. Hal yang dicatat adalah kronologis atau bagaimana kejadian tersebut berlangsung dan bukan mengenai pendapatnya terhadap kejadian tersebut. Penggunaan catatan anekdot (anecdotal record) memerlukan waktu yang sangat panjang, sehingga dinilai tidak efektif.

Cau-
Caucasoid: Lihat Kaukasoid.

Lihat Juga
Kamus Sosiologi, Cel-, Cen-, Cer-, Cha-, Che-, Chi-, Chu-. Klik di sini

Kamus Sosiologi, Cin-, Cip-, Cir-, Civ-, Cla-, Cli-, Clo-, Clu-, Klik di sini
Kamus Sosiologi, Coa-, Cod-, Coe-, Coi-, Cok-, Col-, Com-, Con-, Coo-, Cor-, Cou-, Cov-, Klik di sini
Kamus Sosiologi, Cre-, Cro-, Cul-, Cup-, Cur-, Cus-, Cyb-, Cyc-, Klik di sini
 

 

Sumber Kutipan Murni,
Haryanta, Agung Tri dan Eko Sujatmiko. 2012. Kamus Sosiologi. Aksara Sinergi Media. Surakarta.

0 komentar

Post a Comment