Jasa Pembuatan Web Sekolah/umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.3000.000-5000.000

Jasa Pembuatan Blog Pembelajaran/Umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.500.000-600.000

Perbaikan dan Instalasi PC/Laptop Klik Untuk Rincian Harga

Harga Instalasi Rp.95.000 Win+Ofice. Perbaikan Rp.65.000

Sunday, 22 May 2016

Kamus Sosiologi, Ec-, Ed-, Ef-, Eg-, Ej-, Ek-

Ec-
E-Commerce: Penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran, barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

Economic institutions: Lembaga sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan mata pencaharian hidup. Misalnya, industri, pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain.

Economic values (nilai-nilai ekonomi): Nilai-nilai yang berhubungan dengan sistem ekonomi. Hal ini berarti nilai-nilai tersebut mengikuti harga pasar.

Ectomorph: Tipe tubuh yang tipis dan kurus.

Ed-
Editing: Proses memeriksa data yang sudah terkumpul, meliputi kelengkapan isian, keterbacaan tulisan, kejelasan jawaban, relevansi jawaban, keseragaman satuan data yang digunakan, dan sebagainya.

Educational institutions: Lembaga sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan penerangan atau pendidikan. Misalnya, sekolah, universitas, lembaga pendidikan dan keterampilan, serta berbagai lembaga penyuluhan, seperti pertanian.

Ef-
Efektif: Tepat sasaran.

Eg-
Egalitarianisme: (Berasal dari bahasa Perancis egal yang berarti “sama”) Kecenderungan cara berpikir bahwa penikmatan atas kesetaraan dari beberapa macam premis umum misalkan bahwa seseorang harus diperlakukan dan mendapat perlakuan yang sama pada dimensi agama, politik, ekonomi, sosial, atau budaya. Dalam pengertian doktrin egalitas ini mempertahankan bahwa hakikatnya semua orang manusia adalah sama dalam status nilai atau moral secara fundamental.

Ego: Bagian yang bersifat sadar dan rasional sehingga mampu mengendalikan konflik antara superego dengan id.

Egosentrisme: Paham yang mengagungkan diri sendiri lebih dari segalanya.

Ej-
Ejekan: Tindakan membicarakan seseorang dengan menggunakan kata-kata kiasan, perumpamaan, atau kata-kata yang berlebihan serta bermakna negatif. Mungkin juga dengan menggunakan kata-kata yang artinya berlawanan dengan yang dimaksud.

Ek-
Ekofasisme: Ideologi yang mengatasnamakan kelestarian lingkungan hidup untuk menggusur sekelompok orang yang menempati suatu daerah. Namun sebetulnya antara pengatasnamaan dengan tujuan sangat bertentangan. Memang kelestarian lingkungan itu penting tetapi jika hanya sekelompok orang kecil saja yang selalu digusur seperti pedagang kaki lima yang memang telah menempati daerah tersebut selama beberapa tahun maka sama halnya dengan tindakan anarki.

Ekologi: Ilmu yang mempelajari hubungan makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya beserta lingkungannya.

Ekologi manusia: cabang sosiologi yang mempelajari struktur lingkungan perkotaan dan pola-pola penempatan dan pertumbuhan penduduk.

Ekologi politik: Cabang sosiologi yang mempelajari cara-cara seseorang mendapatkan dan menggunakan kekuasaan dalam suatu sistem politik, termasuk munculnya berbagai gerakan politik.

Ekonomi: Salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan nomos yang berarti “peraturan, aturan, hukum”. Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga”. Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Ekosistem: Suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Eksekutif: Lembaga yang melaksanakan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh badan legislatif serta menyelenggarakan undang-undang yang dibuat oleh badan legislatif. Kekuasaan eksekutif ini biasanya dipegang oleh presiden beserta menteri-menterinya.

Eksentrik: Perbuatan yang menyimpang dari biasanya sehingga dianggap aneh, seperti anak laki-laki memakai anting-anting, perempuan memakai anting di lidahnya, gaya rambut modern (berdiri ke atas), dan seniman berambut gondrong.

Ekses: Dampak/hasil.

Eksistensi: Keberadaan.

Eksogami: Perkawinan yang dilakukan dengan seseorang yang berasal dari luar lingkungan, luar desa, luar marga, atau luar ras. Bentuk ini dapat dijumpai pada masyarakat unilateral, misalnya masyarakat Batak.

Ekspatriat: Seseorang yang tinggal sementara maupun menetap di luar negara di mana dia dilahirkan dan dibesarkan, atau dengan kata lain, orang yang berkewarganegaraan asing yang tinggal di Indonesia, biasanya oleh karena suatu tugas negara atau profesional. Diambil dari bahasa Latin ex=luar, patria=negara atau ibu pertiwi.

Eksperimen: Percobaan yang dilakukan terhadap objek penelitian untuk mengetahui perkembangan dari suatu objek penelitian tersebut.

Eksplanasi: Lihat penelitian eksplanasi.

Eksplanatif: Lihat penelitian eksplanasi.

Eksplanatori: Salah satu jenis atau fungsi penelitian sosial yang berguna untuk menjelaskan sebab-sebab yang melatarbelakangi suatu keadaan sosial tertentu. Misalnya, penelitian sosial tentang pengaruh televisi terhadap kepribadian seorang anak.

Eksplisit: Dengan jelas dan tepat.

Eksploitasi: Pemanfaatan, pengisapan, pemerasan atas diri orang lain demi keuntungan sendiri.

Eksploratif: Suatu kegiatan penelitian yang dilaksanakan untuk menemukan dan mendapatkan pengetahuan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Ekspresi: Penggambaran.

Ekspresionisme: Aliran di dalam seni lukis yang mengolah setiap unsur seni agar memperlihatkan emosi pelukis secara efektif. Kemiripan bentuk masih bisa hadir di dalam lukisan, tetapi tidak memainkan peranan penting.

Ekstern: Lihat data eksternal.

Eksternalisasi: Proses pembentukan pengetahuan latar belakang yang tersedia untuk dirinya serta untuk orang lain.

Lihat Juga
Kamus Sosiologi, El-, Em-, En-, Ep-, Eq-. Klik di sini
Kamus Sosiologi, Er-, Es-, Et-, Eu-, Ev-, Ex-, Klik di sini




Sumber Kutipan Murni,
Haryanta, Agung Tri dan Eko Sujatmiko. 2012. Kamus Sosiologi. Aksara Sinergi Media. Surakarta.

0 komentar

Post a Comment