Jasa Pembuatan Web Sekolah/umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.3000.000-5000.000

Jasa Pembuatan Blog Pembelajaran/Umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.500.000-600.000

Perbaikan dan Instalasi PC/Laptop Klik Untuk Rincian Harga

Harga Instalasi Rp.95.000 Win+Ofice. Perbaikan Rp.65.000

Sunday, 29 May 2016

Kamus Sosiologi, Ib-, Id-, Ig-, Ik-, Il-, Im-,

Ib-
Ibadah: 1. Perbuatan atau pernyataan bakti terhadap Tuhan yang didasari oleh peraturan agama. 2. Segala usaha lahir dan batin yang sesuai perintah agama yang harus dituruti pemeluknya. 3. Upacara yang berhubungan dengan agama.

Id-
Id: Pusat nafsu dan dorongan-dorongan yang bersifat naluriah, antisosial, dan rakus.

Identifikasi: 1. Proses untuk menjadi sama (identik) dengan orang lain. 2. Peran interviewer sebagai motivator dalam proses interview yang dilakukan dengan cara memperkenalkan diri sebagai “orang dalam” dan meyakinkan narasumber bahwa ia adalah sahabat, atau bagian dari mereka dan bekerja untuk membantu mereka.

Identitas: Sesuatu yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang berdasarkan ciri khusus yang melekat dan mendapat pengakuan dari masyarakat luas.

Ideologi: Kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.

Idiolek: Keseluruhan ciri-ciri dalam ujaran perseorangan; ragam bahasa yang digunakan oleh seseorang yang berbeda ragam bahasanya dengan orang lain yang disebut idiolek. Misalnya, ragam bahasa yang digunakan oleh orang dari suku Sunda akan berbeda dengan bahasa serta dialek yang digunakan seseorang dari suku Ambon.

Ig-
Igloo: Rumah atau tempat tinggal sementara, berbentuk kubah dan dibangun dari balok-balok salju. Walaupun igloo identik dengan tempat tinggal orang Inuit, igloo banyak dibangun orang Kanada yang tinggal di Artik Tengah dan wilayah Thlue di Greenland. Salju juga digunakan sebagian orang Inuit untuk melapisi rumah yang dibangun dari tulang ikan paus dan kulit hewan.

Ik-
Ikhtisar: Ringkasan; abstrak; pemandangan secara ringkas (yang penting-penting saja).

Il-
Ilmiah: Bersifat ilmu, secara ilmu pengetahuan, memenuhi syarat ilmu pengetahuan.

Ilmu: Pengetahuan (knowledge) yang tersusun secara sistematis dengan menggunakan cara berpikir ilmiah merupakan kegiatan berpikir yang memenuhi persyaratan tertentu.

Ilmu murni (pure science): Suatu ilmu yang bertujuan mendalami teori untuk memajukan atau memperkaya khazanah ilmu tersebut.

Ilmu pengetahuan: Himpunan pengetahuan-pengetahuan yang tersusun secara sistematis.

Ilmu pengetahuan alam (natural sciences): Ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam, baik hayati maupun non hayati. Yang termasuk dalam ilmu ini adalah biologi, fisika, kimia, dan lain-lain.

Ilmu pengetahuan budaya (humanistics study): Ilmu yang mempelajari manifestasi atau perwujudan spiritual dari kehidupan bersama manusia.

Ilmu pengetahuan sosial (social sciences): Ilmu yang mengkaji kehidupan bersama manusia dengan sesamanya seperti, antropologi, sosiologi, ekonomi, dan lain-lain.

Ilmu terapan (applied sciences): Ilmu pengetahuan yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah praktis, sehingga dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Ilmuwan: Orang yang menguasai ilmu pengetahuan atau salah satu bidang ilmu pengetahuan.

Im-
Imajinasi: Tindakan membentuk atau menyusun ide atau bayangan; kemampuan pikiran untuk menjadi kreatif dan penuh ide.

Imajinatif: Memiliki atau menunjukkan kreativitas.

Iman: Kekuatan batin manusia untuk menanggapi sesuatu yang bermakna seperti kekuatan gaib, Roh Tertinggi (Tuhan).

Imanen: Segala hal yang berkaitan dengan keadaan di dunia ini.

Imigran: Orang yang berpindah dari satu negara ke negara lain.

Imigrasi: Perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain.

Imitasi: Proses peniruan terhadap unsur-unsur kebudayaan lain (luar).

Imitation stage: Tahap ini merupakan tahap permulaan di mana seorang bayi menanggapi orang lain hanya sebagai bentuk imitasi atau peniruan. Mereka mengikuti perilaku-perilaku tertentu tanpa mengetahui maksud perilaku tersebut.

Imperialisme: Sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

Impersonal: Kurang saling mengenal dan sekadar berorientasi asas guna.

Impersonal competition: Persaingan yang tidak melibatkan satu per satu individu, seperti persaingan antara satu sekolah dengan sekolah lain dalam menarik minat masyarakat untuk masuk ke sekolah tersebut.

Implementasi: Penerapan suatu hal dalam keadaan nyata di lapangan.

Implikasi: Penerapan dari kesimpulan dan saran yang diajukan dalam kehidupan sehari-hari sebagai penguat untuk mencegah terjadinya masalah sejenis di kemudian hari.

Implikasi negatif: Dampak buruk.

Implikasi penelitian: Alternatif kemungkinan yang dapat diambil oleh siapa pun dalam rangka memanfaatkan atau melaksanakan tindak lanjut dari hasil penelitian yang bersangkutan.

Implisit: Terindikasi atau dapat diketahui secara jelas.

Impressionisme: Aliran lukisan yang focus kepada pantulan cahaya dari setiap bagian benda. Setiap bagian terkecil akan memantulkan cahaya yang berbeda, dan cahaya ini akan ditangkap mata kemudian diinterpretasikan otak sebagai bentuk-bentuk tertentu.

Lihat Juga
Kamus Sosiologi: Inc-, Ind-, Inf-, Klik di sini
Kamus Sosiologi, Ing-, Ink-, Ino-, Ins-, Klik di sini

Kamus Sosiologi, Int-, Inv-, Ipt-, Ira-, Iri-, Isl-, Iso-, Klik di sini



Sumber Kutipan Murni,
Haryanta, Agung Tri dan Eko Sujatmiko. 2012. Kamus Sosiologi. Aksara Sinergi Media. Surakarta.

0 komentar

Post a Comment